Rabu, 03 Mei 2017

Persembahan Siswa Teknik Komputer dan Jaringan di Hari Istimewa

Bertepatan dengan Hari Jadi Kota Semarang yang ke-470 dan Hari Pendidikan Nasional serta Pengumuman Kelulusan siswa kelas XIII di SMK Negeri 7 Semarang, pada tanggal 02 Mei 2017, maka SMK Negeri 7 Semarang telah melahirkan Sistem Operasi Komputer berbasis Open Source dengan nama Stemba OS. Sistem operasi ini berbasis Linux. Berikut narasi peluncurannya :

Semangat Pagi Bagi para penggiat Open Source di Indonesia maupun di Seluruh Dunia.
Selamat Hari Pendidikan pula bagi Bangsa Indonesia, "Tut Wuri Handayani"
Selamat Hari Jadi Kota Semarang Ke-470 Tahun.

Pada Hari Rabu tanggal 03 Mei 2017. Demi memperingati kelulusan kami sebagai Pelajar SMK dan sebagai persembahan kami untuk Bangsa Indonesia terutama dunia Pendidikan. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Project StembaOS 1.00 Joglo, Release !

Project StembaOS merupakan Sebuah Project Open Source yang bertujuan Untuk  mengembangkan sebuah Operating System yang mudah dan nyaman digunakan terutama untuk jenjang pendidikan SMK dan Industri.

Project StembaOS adalah sebuah Project Tugas Akhir dipelopori oleh siswa SMK Negeri 7 Semarang yang saat ini sedang duduk di kelas XIII dan XII Jurusan TKJ.

Team developer StembaOS terdiri dari:
1. Melki Mario Gulo (Tim Pemaket)
2. Esa Velliant Agusta​ (Tim Pemaket dan Penyedia Infrastruktur)
3. R. Chezondrie Asylla M.​ (Tim Pemaket)
4. Ali Ichwan (Tim Design)
5. Saiful Anwar Assaidi (Tim Design)
6. Dimas Alvin Faiz​ (Tim Design)
7. David Adi Nugroho​ (Tim Riset dan Aplikasi)
8. Arif Bachtiar Yahya​ (Tim Riset dan Aplikasi)

Latar Belakang pembuatan StembaOS ini adalah adanya rasa yang kuat untuk membuat sebuah Distro yang di khususkan untuk jenjang pendidikan SMK.

Mengapa kita memilih SMK ?
1. Karena Kita Berasal dari jenjang Pendidikan SMK.
2. Mengenalkan OpenSource kepada jenjang Pendidikan SMK dan Industri.
3. Hampir semua jurusan SMK Teknkin telah Memanfaatkan IT dalam Proses belajar dan mengajar.
4. Sebagian Besar Software/Tools yang digunakan di dunia Pendidikan SMK adalah berbayar.

StembaOS merupakan turunan dari Xubuntu 14.04.5. Kami Menggunakan UCK(Ubuntu Customization Kit) dalam melakukan Pack dan Unpack StembaOS.

Pada StembaOS 1.00 ini kami mengambil codename Joglo karena kami berharap Distro yang kami Ciptakan Pertama kali ini tetap terlihat Sederhana namun Megah.

SMK App Store meruapakan Sebuah Program unggulan di StembaOS 1.00 JogloSMK App Store adalah sebuah program yang berjalan diatas project IGNSDK. SMK App Store hampir mirip dengan Software-Center yang dimiliki oleh ubuntu. Yang membedakan adalah SMK App Store ini berisi Software-Software Open Source di tiap-tiap jurusan SMK Teknik. Dengan demikian pengguna bisa melakukan download dan instalasi Aplikasi yang dibutuhkan jurusannya masing-masing

StembaOS akan di-release dalam versi Beta dan Bug Fix terlebih dahulu, Maka dari itu kami mohon kontribusinya dengan mencoba dan melaporkan bug pada Halaman Ini. Untuk saat ini StembaOS akan dirilis dengan architecture i386. Untuk Iso dari StembaOS dapat diunduh di tautan berikut :

Demikian, Pengumuman Release *StembaOS 1.00 Joglo*
Terimakasih, Salam Satu Kernel. Mari Berkontribusi Untuk kemajuan Pendidikan SMK.

SMK BISA - SMK HEBAT !!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar